Berbagai Macam Software Edit Photo yang Bagus


Ilustrasi software edit photo
Rasanya, hampir setiap orang senang mengekspresikan diri melalui foto, baik itu sebagai objek foto atau pun sebagai fotografernya. Namun, terkadang kualitas foto yang dihasilkan sangat tidak baik.
Untuk itu, seseorang membutuhkan perangkat lunak untuk dapat mengedit foto-foto tersebut agar indah dilihat. Bahkan, jika pun kita berfoto di studio foto dengan kualitas kamera dan gambar yang baik pun, foto yang dihasilkan masih membutuhkan proses editing.
Hal ini karena semakin tinggi tingkat kualitas gambar yang dihasilkan, maka akan semakin jelas hasil gambar itu.
Gambar yang dihasilkan akan mampu di zoom sampai berkali-kali tanpa pecah. Ini membuat segala ketidaksempurnaan pada objek gambar terlihat jelas. Ketidaksempurnaan itu, misalnya saja flek pada wajah, jerawat, kerutan, dan sebagainya.
Nah, jika Anda tidak menginginkan kekurangan pada tubuh dan wajah Anda terlihat, Anda perlu mengeditnya dengan software edit photo. Berikut akan dibahas mengenai beberapa software edit photo yang bagus, gratis dan gampang digunakan.

Photoscape

Rasanya, hampir setiap orang senang mengekspresikan diri melalui foto,
Anda mungkin sering mendengar nama Photoscape ini. Photoscape adalah sebuah software edit photo yang dikembangkan oleh MOOII Tech, dari Korea.
Photoscape adalah sebuah software edit photo yang mudah digunakan dan juga sangat ringan.
Apa saja yang dapat Anda lakukan dengan Photoscape? Menggunakan software yang satu ini, Anda tidak perlu pusing dengan berbagai istilah editing foto yang membingungkan. Fitur yang disediakan oleh Photoscape ini mudah dipelajari dan cenderung hanya menambah-nambah efek saja.
Fitur editing foto yang terdapat pada Photoscape adalah penyesuaian warna, cropping atau memotong gambar, resizing atau mengubah ukuran gambar, filter berupa film effect, vignetting atau semacam efek gelap pada pinggiran gambar, dan sebagainya.
Selain fitur-fitur editing tersebut, Photoscape juga menyediakan fitur membuat gambar dengan format GIF, page yang menyediagan frame kolase foto, combine untuk menyatukan beberapa gambar, splitter, screen capture untuk memfoto apapun dari desktop (misalnya, dokumen, gambar,  youtube, twitter, facebook, dan sebagainya), dan masih banyak fitur-fitur lainnya.
Photoscape dapat digunakan pada komputer atau laptop yang menggunakan Microsoft Windows saja, sedangkan komputer dengan sistem Mac atau Linux tidak dapat menggunakan software edit photo ini. Software edit photo dari Photoscape ini dapat Anda unduh di photoscape.org. Atau, jika Anda merupakan pengguna internet aktif, Anda bisa mengakses http://www.photoscapeonline.com/ untuk mengedit foto online melalui photoscape.

Picasa

Picasa adalah salah satu software edit photo digital yang banyak dipakai. Keuntungan menggunakan Picasa ini adalah Anda dapat mengorganisasikan gambar-gambar yang ada dalam komputer Anda. Anda juga dapat berbagi foto secara langsung pada pengguna picasa lainnya, melalui jaringan internet.
Nama Picasa sendiri merupakan campuran dari nama pelukis Spanyol bernama Pablo Picasso, frasa “mi casa” yang berarti ‘my house’, dan “pic” untuk ‘gambar’ (terutama personalized art)

. Jika Anda pengguna Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Mac OS X, aplikasi Picasa ini dapat Anda peroleh melalui Google labs.
Picasa dibuat oleh sebuah perusahaan bernama Lifescap pada tahun 2002. Namun, sejak tahun 2004, Google mengakuisi perusahan ini dan resmilah Picasa menjadi salah satu brand Google.
Fitur-fitur yang terdapat pada Picasa adalah organizing foto. Pada fitur ini, pengguna dapat mengimpor dan melakukan pelacakan, men-tag, mengenali wajah, dan menyortir koleksi foto Anda.
Picasa juga menawarkan beberapa editing foto dasar, seperti cropping, peningkatan warna, dan red eye reduction. Anda juga dapat menambahkan teks pada gambar yang Anda inginkan.

Paint.NET

Paint.NET merupakan software edit photo untuk Microsoft Windows. Software ini dikembangkan pada NET Framework.
Awalnya, Paint.NET diciptakan oleh Rick Brewster, sebagai sebuah proyek mahasiswa Washington State University. Dalam sebuah proyek desain senior ilmu komputer, pada musim semi tahun 2004 di Washington State University, terciptalah Paint.NET ini.
Proyek ini kemudian berlanjut selama musim panas dan musim gugur tahun 2004, lalu dirilislah versi-versi baru dari Paint.NET ini. Selain itu, Paint.NET ini juga merupakan perkembangan atau pengganti sederhana untuk program Microsoft Paint. Akan tetapi, tentu saja telah ditambahkan beberapa hal baru ke dalam editor foto ini.
Fitur yang dimiliki Paint.NET ini hampir serupa dengan Adobe Photoshop dan CorelPaint. Paint.NET bisa Anda dapatkan secara gratis. Selain itu, ukuran filenya yang kurang dari 2 megabyte juga memuat program ini sangat ringan digunakan. Paint.NET memiliki fitur-fitur dasar editing foto, seperti cropping, layer, undo yang tidak berbatas, effect, masking, dan sebagainya.

Photopos

Photopos merupakan software edit photo yang juga gratis, tapi punya kualitas yang tidak kalah dengan software berbayar.
Fitur-fitur yang disediakan oleh Photopos adalah sebagai berikut :
Mendukung banyak tipe file gambar
Mendukung gambar hasil scan dan juga kamera digital
Tingkat editing dan yang profesional
Alat untuk memperbaiki dan mengedit tingkat
Alat untuk membuat Computer Grafis
Kaya akan fitur edit teks
Efek spesial
Perangkat seleksi
Layers
Masks
Gradients, Patterns dan Textures
Script Tools
Batch Operations
Format konversi gambar
Picture Browser
Tampilannya sendiri mirip seperti Adobe Photoshop. Ukuran file Photopos ini cukup besar, yakni 49 MB. Hal ini mungkin akan membuat program ini  agak berat digunakan pada Personal Computer Anda. Tapi, tidak ada salahnya mencoba.

Photofiltre

Photofiltre adalah sebuah software edit photo yang juga cukup lengkap dengan paket efek lengkap. Selain itu, yang paling membahagiakan adalah seoftware ini gratis, meskipun hanya untuk pengguna pribadi. Photofiltere juga muncul dengan berbagai fitur yang mampu menyaingi beberapa software komersial. Photofiltre juga dapat ditambahkan add-on. Anda hanya perlu mengunduhnya dari internet.
Photofiltre menawarkan hampir semua fitur pengeditan standar, misalnya, seleksi, clone brush, paint brush, dan lain-lain. Selain itu, program ini juga menyediakan banyak pilihan efek gambar, seperti , photo mask, image adjustments, thumbnail browser, dan masih banyak lagi.
Program ini juga mendukung proses batch untuk menerapkan penyaring, ukuran, penyesuaian, dan transformasi ke sejumlah besar gambar sekaligus. Fotofiltre saat ini telah mendukung lapisan dan transparansi dengan Alpha Channel.

Adobe Photoshop

Nah, jika Anda sudah mulai terbiasa mengedit foto dengan software-software di atas, ada baiknya Anda mencoba belajar menggunakan Adobe Photoshop. Photoshop adalah sebuah program edit foto yang dikembangkan oleh Adobe Systems.
Adobe Photoshop memiliki banyak versi, ada yang versi CS, itu pun terdiri dari berbagai versi lagi, misalnya CS4, CS5, CS6, dan sebagainya. Adobe Photoshop dirilis dalam dua edisi, yaitu Adobe Photoshop dan Adobe Photoshop Extended. Selain Photoshop dan Photoshop Extended, Adobe juga menerbitkan Photoshop Elements dan Photoshop Lightroom, secara kolektif disebut "The Adobe Photoshop Family".
Adobe Photoshop dikhususkan bagi pengeditan foto dan pembuatan efek. Adobe Photoshop adalah sebuah editing foto profesional yang banyak dipakai oleh berbagai fotografer dan perusahaan iklan. Oleh karena itu, Adobe Photoshop ini dapat dianggap sebagai marker leader  bagi software pengolah gambar.
Beberapa keuntungan menggunakan Adobe Photoshop adalah sebagai berikut :
Dapat menyimpan data dalam format PSD (Photoshop Document). Format ini mampu menyimpan gambar dalam bentuk layer, teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone.
Memiliki berbagai macam plugin, yaitu Colour Correction Plugin, Special effects plugins, dan 3D effects plugins.
Memiliki History Brush Tool
Memiliki Eraser Tool
Memiliki Path Selection Tool
Memiliki Direct Selection tool
Memiliki Pen Tool
Memiliki Shape Tool
Memiliki Brush Tool
Memiliki Audio Annotation Tool
Memiliki Eyedropper Tool
Memiliki Measure Tool
Memiliki Text Tool
Memiliki Hand Tool
Tentu saja masih banyak fitur dan keunggulan lain, jika Anda menggunakan Adobe Photoshop ini. Namun, Anda yang baru mempelajarinya pasti akan bingung karena Photoshop merupakan software edit photo yang terbilang pro. Tapi, tentu saja hasil yang didapatkan akan sangat memuaskan, jika Anda bisa menggunakannya dengan benar.
Nah, setelah menyimak beberapa software edit photo yang diulas di atas, software manakah yang akan menjadi andalan Anda? Sila memilih sesuai dengan kemampuan editing Anda. Atau, Anda bisa mencoba semua dan membandingkan hasilnya. Semoga bermanfaat.

sumber : http://www.anneahira.com/software-edit-photo.htm

4 komentar:

  1. Weh, banyak ternyata. Tapi photoshop ya yang sering ;)

    BalasHapus
  2. pertamanya ane kira cuma gambar, ternyata fontnya berkamuflase...

    ane yakin nih, yang punya blog cewek, kan biasanya cewek paling jago edit foto :v

    BalasHapus
  3. temen-temen ane sukanya photoshop, design grafisnya kueren bro. coba cek di "jagini 13"

    BalasHapus